welcome 1

Pages

Rabu, 30 November 2011

Manfaat Gerakan sholat

TAKBIRATUL IHRAM
Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.
Manfaat: Gerakanini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan ototlengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancarke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregangsehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian keduatangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap inimenghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuhbagian atas.
RUKUK
Postur: Rukukyang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga biladiletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah.Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
Manfaat: Posturini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpusvertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantungsejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagiantengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagiotot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemihuntuk mencegah gangguan prostat.
I'TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
Manfaat: I'tidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujudmerupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalamperut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya,pencernaan menjadi lebih lancar.
SUJUD
Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.
Manfaat: Alirangetah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atasotak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak.Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukansujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupikapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
DUDUK
Postur: Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
Manfaat: Saatiftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syarafnervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal pahayang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruksangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih(urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens.Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasiposisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otottungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekananharmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerakkita.
SALAM
Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.
Manfaat: Relaksasiotot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala.Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.
BERIBADAH secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar‑dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar