welcome 1

Pages

Jumat, 02 Desember 2011

10 Pantai Terbaik di Indonesia

pulau-indonesiaINDONESIA dengan 17.504 pulaunya memegang rekor negara dengan garis pantai terpanjang di dunia versi Guinnes Book of World Record. Tapi kita sebagai WNI, kurang menjelajah pantai-pantai spektakuler itu.
Tidak adil rasanya saya hanya boleh memilih 10 pantai terbaik di Indonesia, karena banyak pantai yang bagus lainnya yang belum pernah saya kunjungi, seperti di Maluku dan Papua.
Saya juga tidak memasukkan Pulau Bali dan Pulau Belitung ke dalam daftar ini, karena sudah saya anggap sudah ‘biasa’. Maklum, saya bukan penggemar tempat komersil. Pantai selera saya harus sepi, tanpa ombak dan bisa diberenangi dengan santai.
Berikut daftarnya berdasarkan jarak dari Jakarta, bukan berdasarkan urutan tingkat kebagusan:

Pulau Gangga, Sulawesi Utara
Pulau Gangga terletak di ujung utara Pulau Sulawesi. Masuk ke dalam Kepulauan Sangihe. Sebagian besar turis ke Sulawesi Utara, pergi ke Pulau Bunaken. Tapi tak jauh dari sana terdapat Pulau Gangga yang jauh lebih cantik. Pasirnya halus berwarna putih, airnya bening, dan sepi. Pulau Gangga yang luasnya 5 hektar ini sebenarnya resor yang dikelola orang Italia. Dapat ditempuh menggunakan mobil selama 1 jam dari kota Manado dan 30 menit naik speed boat dari Desa Likupan. Lautnya nikmat diberenangi pagi-siang-sore-malam karena tak berombak. Pemandangan saat matahari terbenam sangat spektakuler. Seluruh langit berwarna oranye kemerahan terefleksi pada air laut yang menjadi keemasan.

Kep. Derawan, Kalimantan Timur
Pantai-Kakaban-di-Kep-Derawan
Pantai Kakaban, Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan terletak di propinsi Kalimantan Timur dengan luas 1 juta hektar persegi di Laut Sulawesi yang terdiri dari 31 buah pulau, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang, Pulau Samama, serta beberapa pulau kecil dan gugusan karang lainnya. Berpasir putih dan berair jernih. Untuk mencapainya dapat naik pesawat dari Balikpapan menuju Berau, lalu dilanjutkan dengan jalan darat ke Tanjung Batu selama 3 jam plus naik speed boat selama 30 menit. Kep. Derawan merupakan habitat terbesar se-Indonesia bagi spesies penyu hijau yang terancam kepunahannya. Semua pulau berpasir putih yang masih bersih dan alami. Kita pun bisa berenang di pantai bersama penyu!

Pantai Ratenggaro, Sumba, NTT
Sumba, sebuah pulau hampir seluas Bali yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini belum terjamah pariwisata gila-gilaan sehingga masih alami. Selain tenun ikat dan kuda, alam Sumba sangat indah. Pantainya pun bagus, bersih dan sepi. Tapi favorit saya Pantai Ratenggaro yang terletak di Kabupaten Kodi, sekitar satu jam berkendara dari kota Waikabubak. Pantai berpasir putih dan laut biru ini dikelilingi tebing batu rendah dan masih tersisa kuburan batu megalitik. Uniknya lagi, pantai ini tepat berada di muara sungai yang berair biru dan beralas pasir. Air laut pun membuat lagun dengan latar belakang rumah tradisional Sumba dengan atap tinggi. Benar-benar spektakuler!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar