welcome 1

Pages

Senin, 01 April 2013

Berbagi ke Facebook Waspadai Kejahatan Lewat Facebook

Facebook layaknya virus, mewabah dan menularkan daya tariknya pada individu dari kalangan berbagai umur. Muda maupun tua mengakses situs sosial networking satu ini. Ada yang memanfaatkan untuk sekedar bergaul dan menambah teman, ada yang menggunakan untuk urusan bisnis, dan ada pula yang menggunakan untuk melakukan kejahatan. Yang terakhir ini perlu diwaspadai, kejahatan dalam facebook telah marak terjadi maka sebaiknya berhati-hatilah.
Berikut beberapa jenis kejahatan dalam facebook, yaitu:

  1. Penipuan yang dilakukan hacker. Hacker biasanya mengambil alih akun pengguna untuk melakukan kejahatan dalam facebook. Awalnya, hacker tertarik dengan pengguna facebook yang mempunyai persediaan chips poker dalam jumlah besar. Setelah mengambil alih kepemilikan akun facebook, hacker akan memanfaatkan akun tersebut untuk melakukan penipuan kepada teman-teman pengguna facebook yang telah dihack dengan berpura-pura menjadi pemilik asli. Biasanya bentuk penipuan bisa apa saja, dari menawarkan paket chips poker hingga penjualan barang seperti laptop. Dengan memanfaatkan kepercayaan pertemanan, biasanya korban tidak akan menaruh curiga kepada pelaku. Setelah uang ditransfer, barang tak kunjung dikirimkan. Tersangka tentu tertuju kepada si pemilik akun facebook asli. Sementara hacker tetap tidak terjamah.
  2. Penculikan. Anak-anak dan remaja belajar facebook untuk mengejar games maupun menambah teman. Kebiasaan menerima tawaran pertemanan dari orang yang tidak dikenal dimanfaatkan para penculik untuk menjerat anak-anak. Karena anak-anak penuh rasa ingin tahu maka semakin mudah terjadinya penculikan. Beberapa kasus yang muncul di televisi, remaja tanggung yang hilang berhari-hari atau berbulan-bulan setelah berkenalan dengan lelaki asing di facebook. Umumnya penculikan lebih banyak terjadi pada remaja tanggung perempuan.
  3. Kejahatan seksual . Banyak jenis kejahatan seksual yang terjadi di facebook. Seperti melakukan teror pada remaja tanggung dengan mengirimkan gambar-gambar porno atau bahkan menjebak mereka copy darat untuk bertemu langsung dan melakukan hubungan seksual. Kejahatan ini bentuknya bisa paksaan seperti pemerkosaan atau menjebak korban, dan selalu anak remaja yang lebih banyak diincar, dikarenakan keluguan dan rasa penasaran dari remaja-remaja yang baru tumbuh tersebut.
  4. Pembunuhan . Di Lituania sebuah pembunuhan terjadi akibat facebook, kencan yang diadakan remaja tanggung berujung pada kematian. Sementara di Filipina, terjadi pembunuhan berantai yang dilakukan seorang teknisi komputer yang mengincar mangsanya melalui facebook.
Jadi, antisipasi yang perlu kamu lakukan agar tidak mudah terjebak sebagai korban kejahatan dalam facebook adalah:
  1. Berhati-hatilah memilih teman atau menerima tawaran pertemanan dari orang yang tidak kamu kenal.
  2. Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak kamu kenal.
  3. Konfirmasikan dengan jelas apabila melakukan transaksi jual beli melalui facebook yang ditawarkan teman. Terutama dalam jumlah nominal yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar