welcome 1

Pages

Senin, 01 April 2013

Facebook: Manfaat dan Resikonya

Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004 untuk pertama kali meluncurkan sebuah situs social networking atau jejaring sosial bernama Facebook, memiliki 35 juta anggota lebih dari seluruh dunia sehingga membuat situs ini menduduki posisi ke-7 untuk situs yang paling banyak dikunjungi di dunia. Akibat popularitas tersebut selain manfaat Facebook terdapat pula resiko bagi penggunanya.

Berikut beberapa manfaat Facebook, yakni:
  1. Menambah teman baru, koneksi, atau menemukan teman lama baik dari SD, SMP, SMA, maupun ketika kuliah. Sehingga Facebook bisa menjadi ajang reuni bagi siapapun yang dipertemukan kembali.
  2. Menjadi media yang sangat efektif untuk menjalankan usaha bisnis karena promosi akan langsung dilihat ribuan orang. Promosi yang bisa dilakukan di Facebook ada dua jenis, yaitu yang berbayar dengan yang tidak berbayar. Promosi yang berbayar dapat langsung masuk ke menu pemasangan iklan, sementara promosi gratis bisa dibuat melalui dinding status.
  3. Mengundang teman apabila menggelar acara sehingga tidak perlu kesulitan lagi membuat undangan cetak dalam jumlah banyak.
  4. Belajar Facebook dapat memperoleh pekerjaan dan dibayar. Beberapa situs seperti Shvoong dan Triond melakukan share dengan Faceook, melalui Facebook pengguna melakukan publikasi tulisan dari Shvoong dan Triond. Tulisan yang dikunjungi akan memberikan masukan uang bagi penulisnya.
Sementara resiko Facebook yang patut diwaspadai, yaitu:
  1. Oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan data pengguna facebook apabila si pengguna tidak hati-hati dan jelas akan merugikan pengguna.
  2. “Mulutmu Harimaumu.” Maka, berhati-hatilah menulis status di Facebook. Sebab ketika tulisan dipublikasikan, maka ribuan mata bertindak sebagai saksi selain tulisan itu sendiri. Seperti yang dialami Luna Maya di Twitter ketika mencela wartawan infotainment yang nyaris menggiringnya ke meja hijau.
  3. Resiko Facebook yang paling berbahaya adalah kejahatan kriminal, seperti penculikan, pemerkosaan, penipuan, dan pembunuhan.
Jadi, apabila memutuskan ingin belajar Facebook, tidak perlu takut dengan resikonya. Bersikap hati-hati dan waspada akan membantu Anda meminimkan dampak buruk dari Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar