welcome 1

Pages

Senin, 01 April 2013

Pentingnya ikut kegiatan ekstrakulikuler

Kita sebagai remaja selalu ingin menjadi pusat perhatian. Sebab dengan menjadi pusat perhatian kebutuhan aktualisasi diri kita, serasa telah terpenuhi. Demikian pula jika kita berada di lingkungan sekolah. Sering kali kita berlomba-lomba dengan segala cara untuk menarik banyak perhatian, salah satunya dengan menjadi idola remaja sekolah.
Untuk menjadi idola remaja sekolah dapat dilakukan beberapa cara, seperti memiliki prestasi akademik terbaik, menjaga penampilan menjadi yang tertampan atau tercantik di sekolah, atau dengan aktif mengikuti kegiatan sekolah. Salah satu kegiatan sekolah yang banyak memberikan manfaat bagi kita adalah kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan ekstra kulikuler yang banyak dilakukan di sekolah diantaranya kegiatan olah raga, kegiatan penelitian, kegiatan jurnalis dan lain-lain.
Berikut merupakan beberapa alasan betapa pentingnya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah:
  • Kegiatan ekstra kurikuler dapat mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa sekolah tersebut. Contohnya, jika siswa memiliki bakat musik dapat bergabung dalam kegiatan musik sekolah seperti marching band, atau band sekolah. Sebab tujuan pertama dari kegiatan ini adalah memberi tempat dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa. Sehingga bakat dan minat siswa dapat ditampung, dikembangkan dan dikoordinasi dengan tepat.
  • Kegiatan sekolah ekstra kurikuler juga dapat memperluas pergaulan remaja. Misalnya siswa menekuni kegiatan ekstra basket, ketika terdapat pertandingan dengan sekolah lain. Maka hal tersebut merupakan peluang siswa untuk mendapatkan teman baru.
  • Kegiatan sekolah ini, efektif dalam usaha pencegahan kenakalan remaja. sebab remaja tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal yang kurang bermanfaat. Selain itu siswa juga memiliki lingkungan pergaulan yang sehat dan mendapat pengawasan serta pembimbingan yang baik.
  • Kegiatan sekolah yang non formal ini, akan semakin mengasah bakat kreatif remaja. Misalnya siswa yang mengikuti kelas seni tari modern, biasanya mereka akan mencoba membuat koreografi tarian modern sendiri.
  • Kegiatan sekolah non formal ini, bila ditekuni akan berbuah prestasi yang dapat dibanggakan. Bukan hanya dapat dibanggakan bagi siswa tersebut tetapi juga bagi sekolah yang bersangkutan, seperti popularitas sekolah semakin baik. Sedangkan bagi siswa, prestasi tersebut dapat membuahkan beasiswa, meningkatkan rasa percaya diri, dan dapat menarik perhatian lawan jenisnya, hingga menjadi seorang idola remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar