welcome 1

Pages

Senin, 01 April 2013

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Pernahkah Anda memendam rasa cinta, hingga orang yang dicintai menjadi milik orang lain hanya karena malu untuk mengutarakannya? Ya, rasa malu barangkali sudah meluluh lantakkan perasaan Anda. Ini hanya satu dari contoh malu yang pernah Anda alami. Masih banyak lagi contoh perasaan malu yang lainnya. Lantas, apa sebenarnya rasa malu ini? Rasa malu adalah kondisi dimana terjadi kombinasi antara kegugupan sosial dan pengkondisiannya.
Dalam prakteknya, malu ini sering kali dialami. Padahal dalam keseharian Kita justru dituntut untuk selalu PeDe berinteraksi dan juga bersosialisasi dengan banyak orang. Apalagi untuk yang mengaku sebagai anak gaul. Pergaulan yang luas menuntut anak gaul jauh dari yang namanya malu. Untuk itu Kita harus dapat mengatasi malu. Lantas bagaimana untuk mengatasi malu. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan percaya diri.
1. Belajarlah untuk rileks. Biasanya malu ini timbul akibat perasaan yang tidak rileks. Cobalah bersikap lebih santai dan mulailah dengan pembawaan yang tenang. Jika perasaan tidak rileks, Anda bisa menarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan. Ini akan membantu Anda. Selain itu cobalah untuk tersenyum dikala perasaan tidak santai ini hadir.
2. Siapkan percakapan pembuka yang menarik. Tidak dapat dipungkiri dalam keseharian Kita akan bertemu dengan orang-orang baru dan ditempat baru. Bisa di tempat umum atau bahkan akan berhadapan dengan teman baru. Tentu saja untuk memberikan kesan ramah, Kita bisa memulai terlebih dahulu dengan percakapan pembuka. Semisal “apa kabar?”, “seneng bisa kenal sama kamu”. Selain itu Kita bisa melatih diri dengan kalimat-kalimat pembuka yang menarik ini. Hal ini dapat dituliskan di kertas dan bisa dibaca berulang-ulang.
3. Membiasakan diri bergaul dengan teman-teman sehobi. Dengan membiasakan diri untuk banyak bergaul pastinya Kita akan lebih terbiasa bertemu dengan banyak orang. Menyalurkan hobi secara bersama-sama dapat membiasakan berinteraksi dan lambat laun akan mengikis perasaan malu ini.
4. Katakan pada diri Anda bahwa Anda harus berani. Menguatkan niat dan juga menstimuli otak agar tidak malu adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahn yang satu ini. Jika pikiran dan hati mengatakan Kita tidak perlu dan tidak boleh malu, maka perasaan malu ini akan tersingkirkan. Mulailah percaya pada kemampuan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar